Home » » Mengatasi Alergi Dengan Tradisional

Mengatasi Alergi Dengan Tradisional

Written By Saw on Jumat, 10 Februari 2012 | 15.19

Alergi dapat terjadi pada siapa saja, dari bayi sampai orang tua.  Alergi disebabkan karena tubuh merespon terlalu berlebihan terhadap  lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya (autoimun). Penyebab alergi bisa terjadi karena faktor genetik dan pengaruh lingkungan.


Untuk memastikannya kita terkena alergi apa, dapat dilakukan pemeriksaan kadar Immunoglobulin E (IgE) yang berperan dalam pembentukan reaksi alergi. Bila reaksi aergi terjadi pada permukaaan kulit, seperti urtikaria (biduran), gatal-gatal, bentol, kemerahan sebaiknya lakukan periksaan skin test untuk menetukan jenis alergi.


Seperti apa contonya orang yang kena alergi? jenis-jenisnya?
Bahan pemicu terjadinya alergi sangat banyak, seperti susu sapi, makanan laut (Udang, kepiting, cumi, dll), kedelai, kacang-kacangan, udara, debu, logam, serangga, cuaca dingin, sinar matahari, es (makanan/minuman), cuaca panas, bulu hewan, karpet, sisa makanan, jamur, suara, asap, karet, bahan sintetis, kelembaban,dll. Bahkan terkadang kita tidak menyadari kalo alergi kita disebabkan oleh hal yang tidak terpikirkan sebelumnya.  


Cobalah teliti apa yang menyebakan faktor pemicu terjadinya alergi.
Buat beberapa orang, berada dalam cuaca dingin membuatnya sesak nafas, minum es  langsung batuk, kena terik matahari langsung kulit gatal, kena debu langsung bersin, makan udang kena biduran, kena asap rokok lagsung sesak nafas, kena asap bisa mata merah dan perih, kena bahan karet kulit bisa gatal, kena bulu kucing bisa kulit langsung bentol-bentol, makan pempek bibir langsung bengkak, minum susu bisa mencret, dll. Kadang kita merasa masa gitu aja bisa alergi sih. Hal itu karena adanya autoimum, artinya kekebalan tubuh yang bermasalah dan tubuh menganggapnya alergen itu berbahaya, makanya timbul beberapa reaksi alergi.

Nah langsung aja cara mengatasi alergi itu,.,.jejejeje

  • Diantara banyak tanaman yang ada di sekitar kita ternyata terdapat beberapa yang bisa digunakan untuk mengatasi alergi, kita bisa menggunakan DAUN PEPAYA dan PARE. Caranya, cukup hanya mengkonsumsinya, bisa dijadikan sayur untuk dimakan.

  • Cara lain dengan menggunakan DAUN MAHKOTA DEWA                                              Komposisinya:
    1). Daun Mahkota Dewa 7-10 lembar.
    2). Rebus pake panci stainless dengan air 4 gelas.
    3). Biarkan mendidih sampe sisa 2 gelas.
    4). Setelah diangkat, biarkan 5-10 menit sampe trasa angat2 kuku.
    5). Basuhkan pada bagian tubuh yang alergi.Ulangi sampe semua air rebusan terpakai.
    6). Udah.

    Biasanya setelah dibasuh pertama ( seperti cara no 5  ), 1 sampai 2 menit alerginya langsung reda dan terus berangsur sembuh.

    Dalam 10 sampe 15 menit, alerginya Insya Allah langsung hilang.

    Manfaat air rebusan daun Mahkota Dewa juga untuk ngobati semua alergi kulit, gatal-gatal, dan pengobatan luka.

    Caranya air hasil rebusan yang tinggal 2 gelas tadi di pisah menjadi 2 bagian. Satu gelas pertama untuk diminum dan 1 gelas berikutnya untuk dibasuhkan pada luka.

    Untuk alergi, paling ampuh pake air rebusan daun mahkota dewa. Walaupun air rebusan buah-nya juga bisa tapi lambat sembuhnya. Paling cepat n paten untuk alergi n gatal-gatal pake rebusan daun-nya.

Mahkota Dewa



Berikut beberapa contoh lain dari resep alamiah untuk pengobatan alergi :

Resep 1.
15 gram sambiloto
30 gram temu lawak segar (dikupas dan diiris-iris)
30 gram meniran segar.
Cuci bersih semua lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, diminum airnya 2 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

Resep 2.
100 cc cuka beras hitam (rice vinegar)
30 gram jahe, ditumbuk
gula merah secukupnya.
Rebus semua bahan dengan 300 cc air hingga mendidih, diminum 2 kali sehari.

Resep 3.
20 gram pegagan
25 gram kunyit
10 gram sambiloto
cuci bersih semua bahan lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, diminum airnya 2 kali sehari.

Resep 4.
15 gram patikan kebo
15 kuntum bunga kenop
10 gram jahe merah
cuci bersih semua bahan lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, diminum airnya 2 kali sehari. (Untuk alergi saluran nafas )

Catatan : pilih salah satu resep yang sesuai. Gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci kaca untuk merebus, jangan gunakan panci yang terbuat dari logam.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


Saw's House

Google+ Badge

Google+ Badge