Home » » Perbedaan Penggunaan previous, before, dan beforehand

Perbedaan Penggunaan previous, before, dan beforehand

Written By Saw on Senin, 20 Februari 2012 | 06.22

Pertama-tama

Could you explain to me what the differences among previous, before, and beforehand are, and when we use these words in a sentence?
Note: Tidak perlu dilakukan inversi kata bantu ke depan subject kalimat karena merupakan embedded question; Gunakan among jika yang dibandingkan lebih dari 2.
Sekarang, apakah beda antara previous, before , dan beforehand?
Kalau kita lihat di kamus Inggris-Indonesia, ketiga kata ini memiliki arti yang mirip, yaitu: sebelum atau sebelumnya. Nah, apa perbedaan dari ketiga kata ini?
Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus ketahui jenis (part of speech) dari masing-masing kata agar kita dapat menggunakannya secara benar.
Previous adalah adjective (kata sifat); before adalah preposition (kata depan), adverb (kata keterangan), dan juga conjunction (kata sambung); beforehand adalah adverb, dan kadang-kadang digunakan sebagai adjective.

Previous

Karena merupakan sebuah adjective, previous digunakan untuk menerangkan noun, pada umumnya dalam pola: “previous + noun”. Misalnya: previous boss, previous lesson, previous day, dst. Dalam hal ini, previous berarti “sebelumnya”.
Contoh:
  1. His previous car looked much nicer than his new one. (Mobil dia yang sebelumnya tampak jauh lebih bagus daripada mobilnya yang baru). Jika dia sudah gonta ganti mobil sebanyak 5 kali, misalnya mobil A, B, C, D, dan yang terbaru adalah E, maka yang dimaksud his previous car adalah hanyalah mobil D. Tetapi kalau ditulis : his previous cars, barulah bermakna semua mobil-mobilnya yang terdahulu (A, B, C, dan D).
  2. Before we start our today’s lesson, let’s review our previous lesson. (Sebelum kita memulai pelajaran kita hari ini, mari kita review kembali pelajaran kita sebelumnya).Sama seperti contoh 1, yang dimasudkan previous lesson di sini hanyalah 1 pelajaran sebelum pelajaran hari ini.
  3. She didn’t come to my birthday party even though in the previous day she told me that she would come. (Dia tidak datang ke ulang tahunku walaupun sehari sebelumnya dia bilang padaku bahwa dia akan datang).

Before

Di ketiga contoh di atas, dapatkah previous digantikan dengan before? Jawabannya adalah tidak, karena before tidak pernah berfungsi sebagai adjective.
Agar before dapat digunakan, ketiga kalimat harus direvisi dulu, dan polanya berubah sedikit menjadi:
  1. His car before his new one looked much nicer. (sebagai preposition, = sebelum). Atau, His car before this one looked much nicer.
  2. Before we start our today’s lesson, let’s review the lesson we have studied before. (sebagai adverb, = previously = sebelumnya).
  3. She didn’t come to my birthday party even though one day before the party she told me that she would come. (sebagai preposition, = sebelum).

Beforehand

  1. His car beforehand looked much nicer.
  2. Let’s start our today’s lesson! Beforehand, let’s review the lesson we have studied before.
  3. She didn’t come to my birthday party even though she told me that she would come one day beforehand.
  4. Beforehand, thank you very much for your help. = Thank you very much beforehand for your help. (Terima kasi banyak sebelumnya atas bantuannya). Di kalimat ini beforehand sebagai adverb, = in advance = sebelumnya). Atau: Thank you very much in advance for your help.
  5. To make sure that you will get a flight ticket, you should make a reservation at least two weeks beforehand. (Agar yakin dapat tiket pesawat, kamu harus booking tiket sekurang-kurangnya 2 minggu sebelumnya/ 2 minggu sebelum keberangkatan). Atau: To make sure that you will get a flight ticket, you should make a reservation at least two weeks in advance.
  6. They got an accident. Beforehand, they had drunk a lot. (Mereka tabrakan. Sebelumnya, mereka telah minum banyak (minuman beralkohol).
Karena beforehand bukan conjunction (kata sambung), maka GRAMATICALLY INCORRECT jika kita bilang:
  • Beforehand we start our today’s lesson, let’s review the lesson we have studied before.
  • They had drunk a lot beforehand they got an accident.
  • I had met a very beautiful girl beforehand I got here.
Dan karena beforehand bukan preposition (kata depan), maka GRAMATICALLY INCORRECT jika kita bilang:
  • His car beforehandhis new one looked much nicer.
  • She didn’t come to my birthday party even though one day beforehand the party she told me that she would come.
Dan kata yang paling tepat digunakan untuk menggantikan beforehand pada kelima kalimat di atas adalah before.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


Saw's House